Minggu, 27 Maret 2016

Kue Seroja dari Kota Manis ( Ciamis )

Salam Baraya Sadaya .. :)


Oke dikesempatan kita kali ini kita akan kenalan nih sama salah satu makanan khas Ciamis Jawa Barat yang filosofi namanya diambil dari bunga pada tau gak apa itu..?
yupss Kue Seroja atau lebih dikenal dengan Kembang Goyang ini merupakan makanan tradisional  khas dari ciamis Jawa Barat lebih tepatnya dari daerah Rancah.
Kue seroja dari daerah Ciamis ini meiliki ciri khas tersendiri baik dalam rasa maupun tampilannya , bentuknya agak lebih unik dari yang lainnya seperti bunga bulat berdaun dan terbagi beberapa ruang bentuk tentunya dengan rasa yang gak usah ditanya lagi Luaaar biasaaaa gurih enak kriuk-kriuknyaa.. :D

Kue Seroja ini ini sering dibuat pada perayaan pernikahan atau khitanan dan pada hari raya idul fitri makanan ini selalu tersedia sebagai jamuan para tamu atau sebagai buah tangan untuk saudara kita yang telah berkunjung. Kue seroja sudah ada sejak jaman dulu yang mana resep dari makanan khas ini diperoleh secara turun temurun dari orang tua.

Kue Seroja dalam proses pembuatanya masih secara tradisional belum tersentuh oleh cara modern menggunakan bahan-bahan alami tidak ada campuran bahan pengawet ataupun zat kimia cuman mengalami perubahan di bagian rasa dengan ditambah varian rasa yang lain seperti Kue seroja suuk,kue seroja ketumbar, dan lain lain.

Kue Seroja ini hanya bertahan kurang lebih 1 bulan atau lebih tergantung tempat penyimpanan dan suhu di ruangannya dan salah satu kekurangan dari kue seroja ini adalah mudah hancur apabila dibawa dalam jarak yang cukup jauh,, belum ada cara yang tepat dalam upaya makanan khas ini tidak mudah hancur dalam membawanya kalaupun ada saat ini masih di cara pengemasan yang cukup ketat juga loh untuk membuat kue seroja ini dapat dikirim ke konsumen dalam keadaan utuh.

Pembuatan makanan tradisional Khas ini memerlukan ketelatenan dan kesabaran karena kue di cetak lalu di goreng satu persatu sampai matang secara bergantian.
jadi gak semudah kita memakannya yah guys.. :D


Okee bagi anda yang gak ingin direpotkan dengan pembuatan Kue Seroja ini tapi tetap ingin menikmatinya bersama keluarga atau sahabat terdekat hubungi :

HP/wA : 08980500167
Fanspage : pusat oleh oleh khas ciamis
                 hebat store

website : ciamishebat.com





Tidak ada komentar:

Posting Komentar