Jumat, 25 Maret 2016

Rengginang Makanan Tradisi Lebaran

Salam Baraya Sadaya.. :)

Oke kali ini kita akan ngebahas makanan khas tradisi yang udah kayak wajib nih di hari besar umat Islam yahh saat lebaran cemilan yang satu ini pasti sangat familiar ditemuin di beberapa rumah khususnya di daerah Ciamis - Jawa Barat .

Hari-hari saat lebaran menjadikan moment untuk saling kunjung mengunjungi antar kerabat dan handai taulan dari satu rumah ke rumah lain bahkan antar desa ke desa lain,, keramahan tuan rumah yang dikunjungi biasanya selalu dilengkapi dengan makanan khas daerahnya yang tak luput di sajikan seperti Kue Seroja, Rengginang,Opak,Wajit,dll. makanan tersebut adalah sebagaian diantara kuliner tradisional Ciamis diluar berbagai snackk modern buatan pabrik yang juga sekarang lazim disajikan.

Salah satu makanan yang selalu hadir saat lebaran ini adalah Rengginang yang terbuat dari beras ketan yang dikukus kemudian di cetak dan dijemur setelah kering baru digoreng dan dapat disajikan sebenarnya Rengginang atau Ranginang merupakan makanan yang terdapat di banyak tempat di Indonesia khususnya pulau jawa,, umumnya renggginang terbagi menjadi 2 rasa Asin sama Manis.



Rengginang Ciamis adalah kuliner tradisi yang disajikan dirumah ketika menjamu tamu atau pada saat event semacam pernikahan,sunatan,dan lain lain.Makanan ini dapat dinikmati langsung atau sebagai makanan pelengkap makan nasi karena sebenarnya rengginang termasuk dalam keluarga kerupuk :D atau bahkan temen dalam makan rujak.

Rengginang Ciamis biasanya memiliki rasa asin dan gurih terasa renyah di mulut dan membuat ketagihan, jika proses pembuatan kurang baik rasa rengginang yang dihasilkan mungkin kurang mantap atau beras ketannya terasa keras sehingga menghentikan ''proses penggilingan''.

Rengginang dapat dikatakan sebagai metode masyarakat ciamis atau Jawa Barat pada umumnya untuk menyimpan cadangan pangan yang sudah diproses dan dapat diolah setiap saat dengan cara digoreng.
Kehadiran makanan tradisi layak mendapat apresiasi karena masyarakat sekarang makin menunjukan pola hidup serba praktis dan cepat.
suguhan air minum yang dulu diolah mendadak pun sekarang cukup mengandalkan air mineral ukuran gelas padahal makanan dan minuman yang ' beribet' dalam pengolahan dan penyajian mulia ditinggalkan padahal di satu sisi kerepotan tersebut konon adalah sumber nilai memulaikan tamu.

Oke bagi anda sekalian yang kangen dengan makanan khas ini tapi gak mau repot dengan pembuatannya kami menyediakan berbagai makanan khas daerah Ciamis diantarnya Rengginang Mentah ataupun Mateng.
info lebih lengkap hubungi :
HP/WA : 08980500167
IG : Oleh oleh ciamis
fanspage : pusat oleh oleh khas ciamis
                hebat store





















Tidak ada komentar:

Posting Komentar